Selasa, 30 Agustus 2016

Budaya Sensor Mandiri

Jika membicarakan perkembangan teknologi, tentunya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Seperti di Indonesia, perkembangan teknologi sangat bisa dirasakan, contoh kecilnya yaitu teknologi informasi dan komunikasi. Saat ini, semua orang baik dewasa maupun anak-anak berlomba-lomba untuk mengetahui perkembangan informasi terkini, baik informasi pendidikan, informasi hiburan, informasi politik, dll. Salah satu media nformasi dan komunikasi adalah Televisi.



Televisi merupakan salah satu media massa yang banyak diminati dari orang dewasa hingga anak-anak. Televisi banyak menampilkan berbagai informasi, tetapi tidak semua informasi dapat di lihat atau ditonton oleh semua umur, contohnya seperti acara televisi smackdown atau acara tinju yang harusnya ditonton oleh orang dewasa tetapi malah anak-anak yang melihat. Tentu itu dapat merusak moral anak. Tidak hanya itu, dampak negatif televisi ada banyak, yaitu :
1.Meniru adegan yang tidak pantas untuk ditiru.


2.Kekerasan.

3.Celaan yang tidak pantas untuk di lontarkan di depan televisi.

4.Adegan yang mengandung unsur pornografi.

5.Terlalu banyak menonton televisi menyababkan daya pikiran turun lalu konsentrasi hilang.


Tidak hanya dampak negatif, televisi juga mempunyai dampak positif, yaitu :
1.Kita akan mendapatkan semua berita dari dalam negeri sampai luar negeri.
2. Televisi selalu menyajikan berita up to date, yg tentunya membuat masyarakat tidak akan ketinggalan informasi dan memberikan wawasan yang cukup luas pada masyarakat secara cepat.
3.Masyarakat akan menyegarkan otaknya dengan program yang ditonton seperti acara komedi apalagi acara tentang galeri sepak bola Indonesia.
4.Beberapa penelitian mengatakan, bahwa seorang anak yg sering menonton televisi memiliki wawasan yg lebih luas di banding anak-anak yg tidak menonton tv. Teori itu sangat lah masuk akal, karena banyak sekali stasiun televisi menggarap tema edukatif seperti menyiarkan film documenter sejarah, flora fauna, sain dan lain sebagainya.
5.Acara yang kreatif  bisa mengajak anak-anak untuk ikut kreatif.

Berikut ini saya berikan tips-tips agar tidak terkena dampak negatif dari televisi :
1. Selalu mendampingi anak-anak apabila menonton televisi.
2. Memberi waktu maksimal 2 jam saat menonton televisi. 
3. Selalu memilih chanel yang mengandung informasi pendidikan.


1 komentar: